Keunggulan Susu Kambing, Minuman Sehat  Yang Dianjurkan Rasulullah

Keunggulan Susu Kambing, Minuman Sehat Yang Dianjurkan Rasulullah

arab

Sejak zaman dahulu kala, manusia telah terbiasa mengonsumsi susu yang diperah dari binatang menyusui. Seiring perkembangan zaman, para ilmuwan pun mulai meneliti khasiat susu bagi tubuh manusia. Dari berbagai eksperimen dan penelitian, disimpulkan bahwa susu baik dikonsumsi setiap hari untuk mencukupi berbagai kebutuhan gizi manusia.

Kebiasaan meminum susu telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Sunah mengonsumsi susu itu disiratkan dalam hadits At Thayalisi sebagai berikut: “Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla ketika menurunkan penyakit pasti juga menurunkan obatnya, kecuali penyakit tua. Lalu hendaklah kalian meminum susu sapi, karena ia terkumpul dari berbagai macam tumbuhan.” (H.R. At Thayalisi 386, dishahihkan oleh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 518).

Selain hadits di atas, terdapat juga hadits-hadits lain, yaitu, “Minum susu sebelum tidur itu fitrah.” (H.R. Al Haitsami dalam At Ta’bir 2008, dishahihkan oleh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2207). Sabda Nabi Muhammad lainnya adalah, “Tidak ada satu pun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.” (H.R. Ibnu Abbas Radhiyallahu ’anhuma).

Di dalam Alquran, keistimewaan susu juga telah disiratkan. Misalnya di dalam surah berikut: “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl : 66)

Dari hadits dan surah tersebut di atas, jelaslah bahwa dalam agama Islam, tradisi meminum susu yang diperah dari binatang menyusui yang halal dikonsumsi merupakan kebiasaan yang bermanfaat dan amat disarankan. Dengan meminum susu, kebutuhan nutrisi seperti protein dan lemak akan terpenuhi, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Tentunya dengan pengecualian jika manusia tersebut memiliki alergi terhadap susu.

Hewan yang lazim dan halal dikonsumsi susunya dalam agama Islam adalah susu dari hewan ternak seperti sapi, kambing, dan unta. Di zaman modern ini, produk yang paling popular dan mudah ditemukan sebagai minuman instan adalah produk susu sapi. Sementara bagi manusia yang memiliki alergi terhadap produk susu memilih susu yang berasal dari tumbuhan, seperti susu kedelai, susu almond,susu kelapa, dan susu berbahan dasar nabati lainnya.

Namun, susu kambing (dan unta) sebenarnya memiliki manfaat dan khasiat yang tak kalah hebat dibandingkan dengan susu sapi. Itulah sebabnya Nabi Muhammad senang meminum susu kambing segar yang baru diperah selama hidupnya, sehingga menjadi contoh bagi para sahabat dan umatnya. Dari berbagai pengalaman menyangkut susu sapi versus susu kambing, banyak kesaksian yang mengungkapkan bahwa susu kambing tidak menimbulkan berbagai keluhan seperti yang biasa dialami ketika sedang mengonsumsi susu sapi.

Misalnya, orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi dapat meminum susu kambing sebagai alternatif, sehingga alerginya tidak kambuh. Selain alergi, keluhan-keluhan seperti asma, infeksi paru-paru, pilek, kembung, hingga masalah kenaikan berat badan yang sering dikaitkan dengan susu sapi, amat jarang ditemukan ketika mengonsumsi susu kambing. Susu kambing juga bisa dijadikan salah satu sumber gizi terbaik bagi balita di atas usia 2 tahun. Bahkan susu kambing juga dianjurkan sebagai sumber gizi bagi binatang peliharaan (seperti kucing dan anjing) yang kehilangan induknya. Dari penelitian para ilmuwan, disimbulkan bahwa susu kambing kurang menimbulkan lendir di lambung jika dibanding susu sapi, sehingga lebih nyaman di lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *